BINCANG SEJIWA EPISODE 48 YOGA FOR KIDS: MEMBENTENGI ANAK-ANAK GENERASI ALPHA DARI ADIKSI GAWAI

BINCANG SEJIWA EPISODE 48
YOGA FOR KIDS: MEMBENTENGI ANAK-ANAK GENERASI ALPHA DARI ADIKSI GAWAI
MINGGU, 9 MEI 2021

 

Narasumber :

  • Bunda Galuh (Master Trainer PAUD/Instruktur Yoga dan Pengembang Yoga For Kids)
  • Wahyuni Panca Wardhani, S.Pd (Perwakilan Guru Pelatih Yoga for Kids)
  • Diena Haryana (Pendiri Yayasan SEJIWA)
  • Doni Koesoema A (Pakar Pendidikan Karakter)

Dipandu oleh Elsya Sakillah (Program Officer)

 

Latar Belakang Berdirinya Yoga for Kids

Bunda Galuh merupakan master trainer dan juga pengembang Yoga for Kids. Bunda Galuh pertama kali menekuni yoga sejak tahun 2011. Saat itu Bunda Galuh memiliki masalah pada jantungnya, sehingga ia harus mengkonsumsi obat setiap hari. Bunda Galuh merasa kurang nyaman karena harus terus menerus bergantung pada obat. Hal ini lah yang menyebabkan Bunda Galuh mencoba mencari alternatif selain obat yang bisa membantu pemulihannya. Kebetulan sejak dahulu Bunda Galuh memang senang berolahraga, sehingga Bunda Galuh memilih untuk mulai menekuni yoga sebagai alternatif penyembuhan penyakitnya.

Setelah menekuni yoga, Bunda Galuh mulai bisa sedikit demi sediki mengurangi konsumsi obatnya. Bunda Galuh merasakan badannya semakin bugar dan sehat. Oleh karena itu, Bunda Galuh mencoba mengajak anaknya yang berusia 3 tahun untuk ikut berlatih yoga. Bunda Galuh merasakan perkembangan yang terjadi pada anaknya sangat lah baik. Anaknya menjadi jarang sakit bahkan hingga saat ini. Perkembangan fisik dan psikis anaknya juga sangat baik. Anaknya juga menjadi lebih kalem dan tenang, namun tetap aktif berkegiatan.

Karena pengalaman personalnya tersebut, Bunda Galuh mulai mengembangkan Yoga for Kids. Saat itu Bunda Galuh mulai mengembangkan riset pada tahun 2012 mengenai yoga. Riset tersebut kemudian dimasukan ke dalam program pembelajaran dan kurikulum. Orang tua menyambut pembelajaran yoga ini dengan sangat baik. Oleh sebab itu, Bunda Galuh mulai membuka kelas-kelas yoga untuk para guru, sehingga guru dapat mengajarkannya kembali kepada para siswa. Pada tahun 2014, Bunda Galuh mulai mendesiminasikan kegiatan yoga ini di wilayah Jawa Tengah.

Bunda galuh mulai mengembangkan inovasi pada tahun 2015 dengan maju mengikuti lomba karya nyata dengan metode roleplay melalui senam yoga untuk pembelajaran anak usia dini. Di tingkat nasional, inovasi ini mendapatkan juara kedua. Kemudian metode yoga ini masuk ke variasi kurikulum di satuan PAUD.

Dari yoga itu banyak sekali manfaatnya untuk anak, terutama untuk simulasi tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis. Aspek perkembangan anak juga dapat tercapai optimal dengan yoga. Istilah-istilah yoga yg berbahasa sansekerta diubah menjadi Bahasa Indonesia yang mudah dipahami anak. Ternyata anak-anak menyenangi yoga, karena selain mereka bermain peran dengan pola tubuh mereka, mereka bisa mengembangkan semua aspek perkembangan di tubuh mereka.

 

Pengalaman Bunda Panca sebagai Pelatih Yoga for Kids

Pada awalnya Bunda Panca merupakan mahasiswi Bunda Galuh di SKB Surakarta. Pada tahun 2014 Bunda Galuh melakukan pelatihan dan Bunda Panca mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Setelah mengikuti pelatihan yoga, Bunda Panca juga mengajarkan kembali yoga kepada peserta didik.

Selama melatih yoga kepada anak-anak, Bunda Panca melihat bahwa anak-anak sangat senang saat melakukan yoga, karena hal ini merupakan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak. Biasanya anak-anak di sekolah belajar pendidikan jasmani melalui senam, maka dengan adanya yoga ini merupakan hal yang baru bagi anak. Melalui yoga, anak harus belajar berkonsentrasi dan fokus, mengatur pernapasan dan gerak agar tidak salah. Dengan yoga banyak hal-hal yg bisa dilakukan, daya imaginasi anak semakin meningkat karena diajarkan asana dan pernapasan melalui metode roleplay dan bahasa-bahasa yang mudah dipahami anak. Istilah-istilah seperti nafas mendorong mobil, mengangkat balok, dan nafas kingkong membuat anak menjadi mudah teringat. Mereka juga menjadi senang dengan yoga.

Selain melatih konsntrasi dan fokus, adanya yoga juga bisa berpengaruh terhadap postur badan dan posisi duduk yang baik bagi anak. Dengan yoga anak belajar duduk yang baik untuk kesehatan. Anak-anak diminta untuk duduk tegap dengan bersila sehingga anak akan terbiasa duduk tegak, baik saat yoga maupun saat kegiatan lainnya.

 

Manfaat Yoga untuk Generasi Alpha

Karakteristik generasi alpha adalah mempunyai ketergantungan terhadap gadget. Adanya kelekatan dengan gadget ini membuat interaksi dengan lingkungan sekitar menjadi kurang, sehingga kurangnya sosialisasi di dunia nyata. Hal yang sifatnya dunia nyata menjadi kurang terkoneksi. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan berkomunikasi mereka dan kemampuan penyelesaian masalah.

Yoga mempunyai kontribusi bagi anak untuk bisa hidup di dunia nyata dengan lebih mindful dan menghargai proses dan waktu yang ada. Yoga punya banyak manfaat karena ada dua area yang bisa disentuh dari kegiatan yoga, yaitu:

  • Perkembangan fisik akan terlatih dengan baik. Secara fisik, yoga membantu seluruh tubuh anak untuk bergerak. Anak-anak yang melakukan yoga akan mendapatkan oksigen yang kuat, sehingga spirit hidupnya juga kuat. Dengan berlatih yoga anak menjadi lebih sadar dengan gerakan dan postur tubuh yang ia lakukan. Motorik halus dan motorik kasarnya juga akan berjalan dengan baik. Anak akan memiliki kecerdasan tubuh yang tinggi.
  • Perkembangan emosi. Anak akan mengetahui konsep damai, tenang, karena anak menyatu dengan tubuh dan pikiran-pikirannya. Melalui yoga anak diajarkan fokus dengan gerakan dan napasnya. Sehingga ketika ada gejolak emosi, anak akan bisa mengendalikan emosinya tersebut melalui pengaturan napas. Kemarahan, kekecewaan, dan energi negatif akan terganti karena anak bisa mengendalikan emosinya. Saat bermain gawai, anak memiliki emosi yang kuat dan dapat dinetralisir dengan yoga. Anak mampu tune in dengan lingkungannnya, dapat fokus pada masa sekarang, dan bisa hidup di dunia nyata.

Pendidikan Karakter Melalui Yoga

Ketika berbicara tentang pendidikan karakter, satu hal yg tidak boleh terlewat adalah penghargaan pada tubuh. Artinya penghargaan terhadap tubuh menunjukan bahwa manusia sadar akan siapa dirinya. Manusia terdiri dari dua badan, yaitu badan jasmani dan rogani.  Kedua bagian tersebut merupakan sesuatu yang terhubung. Melalui yoga, manusia menyadari dimensi tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan. Dengan yoga, individu bisa menyadari bahwa tubuh berada pada ruang dan waktu, sehingga secara sadar individu akan menysukuri apa yang telah dimilikinya. Melalui yoga, maka nilai-nilai lainnya akan mulai bertumbuh. Individu menjadi bisa lebih mengontrol emosinya, fokus pada masa sekarang, dan saling menghargai satu sama lainnya.

Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Memasyarakatkan Yoga

Di masa pandemi ini, anak-anak banyak menggunakan gawai mereka baik untuk keperluan belajar dan keperluan lainnya. Untuk mengontrol penggunaan gawai tersebut, orang tua dapat mengajarkan yoga untuk bisa mengisi kegiatan anak selama masa pandemi, sehingga anak bisa mengontrol penggunaan gadgetnya karena teralihkan dengan kegiatan yoga.

Selama pandemi, Bunda Galuh membuat panduan untuk orang tua melalui YouTube dan juga grup WhatsApp sehingga orang tua tetap bisa memberikan kegiatan di rumah melalui yoga. Setiap pagi Bunda Galuh membagikan panduan yoga melalui grup WhatsApp di komunitas yoga. Adapun panduan yang dibagikan terdiri dari 6 kategori rangkaian, yaitu:

  1. Yoga untuk meningkatkan konsentrasi anak. Rangkaian yoga ini bertujuan membuat anak lebih fokus dan berkonsentrasi.
  2. Yoga untuk mengatasi tantrum. Diatasi dengan latihan-latihan yg mengedepankan pada ketenangan dan mengendalikan emosi
  3. Yoga untuk melatih motorik halus anak dan menyiapkan anak untuk menulis. Dilakukan untuk menguatkan otot-otot anak
  4. Yoga untuk koordinasi motori kasar dan halus
  5. Yoga untuk mengatasi gangguan jantung dan paru
  6. Yoga untuk mengatasi gangguan pencernaan

Setelah membagikan panduan yoga tersebut melalui grup WhatsApp dan YouTube, para guru bisa memberikan pelatihan yoga kepada siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Selain melalui grup WhatsApp dan YouTube, Bunda Galuh juga menerima konsultasi langsung dari para anggotanya melalui video call. Sehingga walaupun di masa pandemi seperti saat ini, Bunda Galuh tetap dapat membagikan kebermanfaatan yoga kepada masyarakat luas melalui teknologi digital.

 

Untuk bisa menyaksikan lebih lanjut mengenai Yoga for Kids, Sahabat SEJIWA dapat menyaksikannya pada link di bawah ini:

Yayasan SEJIWA

“Service for Peace”