BINCANG SEJIWA EPISODE 61: JIWA MUDANYA BANGKIT UNTUK INDONESIA LEWAT KARYA MUSIKNYA: BANGGA INDONESIA

  BINCANG SEJIWA EPISODE 61
JIWA MUDANYA BANGKIT UNTUK INDONESIA LEWAT KARYA MUSIKNYA: BANGGA INDONESIA
MINGGU, 15 AGUSTUS 2021

 

Narasumber :

  • Nico Gea (Producer of Bangga Indonesia Music Festival)
  • Diena Haryana (Pendiri Yayasan SEJIWA)
  • Doni Koesoema A (Pakar Pendidikan Karakter)

Dipandu oleh Andika Zakiy (Program Coordinator)

 

Nico Gea, Berkarya untuk Indonesia

Nico Gea atau yang biasa disapa Nico merupakan anak muda yang memiliki passion di bidang musik dan juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Nico merupakan mahasiswa semester lima jurusan managemen di Universitas Bunda Mulia. Selain aktif sebagai mahasiswa, Nico juga aktif berkarya di bidang produksi musik, merancang event, dan membuat lagu. Nico juga telah berkolaborasi dengan Yayasan Prima Unggul dan UKM di kampusnya untuk menyelenggarakan acara Bangga Indonsia Music Festival. Bangga Indonesia Music Festival merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI. Pada kegiatan ini, Nico berperan sebagai produser yang merancang kegiatan ini dari awal, dan juga membantu melatih anak-anak yang terlibat di dalam kegiatan ini.

Bagi Nico, arti kemerdekaan adalah terbebas dari segala hal yang membelenggu kita dari keterbatasan. Terutama dalam situasi pandemic ini kita merasa tertekan, di hari kemerdekaan ini kita merasa merdeka untuk terus berkarya dan mencipta dan menunjukan potensi jauh lebih baik. Nico membuktikan hal tersebut dengan keterlibatannya di dalam menyukseskan Bangga Indonesia Music Festival.

Bangga Indonesia Music Festival

Bangga Indonesia Music Festival adalah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Berkolaborasi dengan Yayasan Prima Unggul dan UKM kampus, festival ini menampilkan berbagai kesenian Indonesia yang ditampilkan oleh anak-anak Yayasan Prima Unggul dengan penuh semangat dan kesungguhan. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka kemerdekaan, dan pada situasi seperti saat ini masyarakat membutuhkan kegiatan yang dapat menjadi inspirasi agar menjadi lebih bangga bahwa Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan, dan kita sebagai masyarakat dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan Bangga Indonesia Music Festival terdiri dari kegiatan menyanyi secara virtual, medley delapan lagu daerah, dan juga pertunjukan tari yang ditampilkan oleh anak-anak Yayasan Prima Unggul. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat kepada masyarakat bahwa Indonesia punya begitu banyak kebudayaan yang indah dan beragam, dan kita perlu selalu menjaga kebudayaan tersebut.

Proses dari berlangsungnya kegiatan ini juga banyak melibatkan anak dalam pelaksanaan dan perisapannya. Sebagai produser, Nico dan temannya, Alvin, menentukan konsep awal kegiatan. Setelah itu mereka juga melibatkan anak-anak YPU dalam proses pembuatan koreografi dari awal hingga akhir. Adanya keterlibatan anak pada persiapan kegiatan ini menjadi suatu apresiasi bahwa anak juga dapat terlibat dalam mempersiapkan kegiatan yang luar biasa.

Pendidikan dalam Membentuk Kepedulian terhadap Masyarakat

Menurut Mas Doni Koesoema, Nico merupakan salah satu anak muda yang bisa menginspirasi banyak anak muda lainnya. Dari proses pengalaman belajarnya, Nico banyak mengeksplorasi dari mulai sekolah formal hingga sekolah informal. Proses eksplorasi yang dilakukan Nico ini menjadikannya anak muda yang memiliki determinasi dalam hidupnya. Di usia yang masih sangat muda, Nico sudah bisa menemukan passion dan arah hidup kedepannya. Ia juga sudah tau bagaimana ia ingin bertumbuh dan mengembangkan minat dan bakatnya. Pilihan-pilihan yang ada di hidup Nico sudah terarah untuk mencapai satu tujuan besar, dan hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat istimewa yang dimiliki seorang anak muda.

Berdasarkan pemaparan Mas Doni, saat ini kementerian mulai terdapat perubahan dalam paradigma proses pembelajaran yang saat ini didasarkan pada persoalan-persoalan di masyarakat, sehingga para siswa sudah mulai diajarkan untuk bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Dalam proses pendidikan, seorang anak tidak bisa serta merta langsung bisa peduli terhadap orang lain. Harus ada sesuatu yang diinternalisasikan di dalam diri individu sehingga mulai tumbuh rasa kepedulian tersebut. Pengalaman yang dimiliki oleh seseorang akan membangkitkan spirit kepedulian yang nantinya akan membantu seseorang dalam berkontribusi kepada masyarakat.

Peran Orang Tua Agar Anak Bebas Bertanggung Jawab

Sosok Nico yang menginspirasi tentunya tidak terlepas dari pengasuhan yang diberikan oleh kedua orang tuanya. Kedua orang tua Nico merupakan teladan yang telah menajarkan Nico banyak hal seperti kasih sayang, empati, tanggung jawab, dan karakter baik. Ayah Nico merupakan pendiri dari Yayasan Prima Unggul (YPU). Sejak kecil, Nico selalu diajak untuk terlibat dan berinteraksi dengan anak-anak yang ada di YPU. Ayahnya juga sering mengajarkan bahwa tidak ada perbedaan antara Nico dengan anak-anak di YPU. Ayahnya juga sering memberikan pembeljaran melalui contoh perbuatan, seperti saling peduli, saling menghargai, dan saling mengisi. Nico juga diajak bebas untuk berkreasi dan bertanggung jawab sehingga Nico bisa dengan mudah menggali potensi dan minatnya.

Di usianya yang masih sangat muda, Nico sudah tau apa yang ia suka, dan akhirnya ia menekuni hal tersebut. Selain itu, dukungan dari orang tua dan orang-orang di sekitarnya juga menjadikan Nico sosok yang berani dan percaya diri sekaligus berempati. Apa yang sudah Nico pelajari sejak kecil dari orang tuanya berkembang menjadi karakter baik yang ada pada diri Nico hingga saat ini.

Peran Anak Muda dalam Memeriahkan Kemerdekaan

Sebagai anak muda yang ingin menghayati kemerdekaan Indonesia, maka hal yang bisa dilakukan adalah menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Kemerdekaan dibangun melalui proses yang demokratis, sehingga pada saat ini pun nilai demokratis tersebut harus tetap tertanam pada diri setiap warga negara. Rasa bangga terhadap bangsa juga perlu ditanamkan, dan didasarkan pada kemampuan kita untuk mengenali dan menyadari kekayaan dan keberagaman yang kita miliki, dan menjadikan keberagaman tersebut sebagai sebuah potensi.  Kebanggaan ini harus muncul dari kesadaran dan pengetahuan akan Indonesia. Hal yang paling fundamental untuk memunculkan kesadaran ini adalah dengan melihat dimensi-dimensi kebaikan yang ada di dalam Indonesia.

Sahabat SEJIWA yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Nico Gea dan kegiatan Bangga Indonesia Music Festival, dapat menyaksikan kisah lengkapnya pada link di bawah ini:

(4) Jiwa Mudanya Bangkit untuk Indonesia Lewat Karya Musiknya: Bangga Indonesia – Bincang SEJIWA Eps.61 – YouTube

 

Yayasan SEJIWA

“Service for Peace”