Cegah Anak Terjangkit Virus dengan Meningkatkan Kebersihannya

Halo Sahabat Sejiwa, Indonesia resmi mengumumkan adanya kasus virus Corona COVID-19 di tanah air kita. Dengan konfirmasi ini, hampir semua lapisan masyarakat dibuat panik karenanya, apa yang sebenarnya terjadi dan langkah apa yang tepat untuk memerangi virus ini?

COVID-19 diumumkan sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization) pada tanggal 11 Maret 2020. Pengumuman pandemi sendiri menjadikan COVID-19 sebagai penyakit yang harus diperhatikan dan dihentikan laju penyebarannya. Menanggapi kasus ini pemerintah memulai arahannya untuk melakukan kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar selama 14 hari (pemantauan kembali), Mengapa 14 hari dan untuk apa? Dalam 14 hari ini sangat penting dan harus disertai dengan tindakan kepatuhan, masyarakat harus mulai peduli dengan sekitarnya dengan berdiam diri di rumah dan tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, karena dalam 14 hari ini mampu menghentikan laju penularan COVID-19 dan mampu menyelamatkan ribuan orang.

Salah satu cara lain untuk menekan laju penyebarannya adalah dengan menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit.

Kebersihan diri tidak hanya penting bagi kita, namun juga bagi orang di sekitar terutama anak yang menjadi perhatian khusus agar tidak terkena virus tersebut. Melindungi anak dengan membersihkan diri secara menyeluruh merupakan hal yang sebaiknya tidak terlewatkan. Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah mandi memakai air bersih dan sabun mandi. Mandi dengan sabun pembersih yang baik bisa menghilangkan lemak, kotoran, dan bakteri yang menumpuk di kulit setelah beraktivitas seharian. Ketika kita menjalani kehidupan sehari-hari, tangan kita sebenarnya menjadi ‘tuan rumah’ bagi kuman dan bakteri berbahaya seperti virus corona tersebut yang penyebarannya tidak melalui udara melainkan mengendap di media lain seperti gagang pintu yang kita pegang, baju yang kita pakai, bahkan ketika kita sedang bersalaman dengan orang lain.

Untuk mencegah kuman memasuki tubuh kita dan menyebabkan penyakit, sangat penting untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun antibakteri terutama pada saat-saat penting, seperti misalnya setelah menggunakan toilet, setelah bersentuhan dengan seseorang yang sakit, dan sebelum makan.  ‘Cuci tangan terus, aku bosen deh’, pada pengimplementasiannya tak jarang anak pasti mengeluhkan mengapa harus mencuci tangan sesering mungkin, saat itu pula orangtua harus memberikan penjelasan yang mudah untuk dipahami oleh anak. Ada cara lain agar kegiatan cuci tangan menjadi asyik untuk dilakukan, yaitu dengan melakukan metode menyanyikan sebuah lagu, lewat dongeng, atau menempel poster bergambar menarik tentang cuci tangan di rumah.

Nah Sahabat Sejiwa, kebersihan sangat penting bagi kesehatan tubuh bukan? Banyak hal menarik yang bisa anak lakukan dalam menjaga kebersihannya. Yuk perangi Corona dengan jaga kebersihan diri dan lingkunganmu..

 

Sumber : https://www.unilever.co.id/about/inisiatif/article/hidup-sehat-dimulai-dari-menjaga-kebersihan-diri.html