COVID-19 Bisa Dicegah, Yuk Kenali Gejala dan Pencegahannya!

 

Beberapa minggu terakhir ini Indonesia sedang dilanda wabah virus SARS-CoV-12 atau yang kita kenal dengan nama virus corona. COVID-19 merupakan nama penyakit yang ditimbulkan dari virus SARS-CoV-12 ini. Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

COVID-19 ini diumumkan sebagai pandemi oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Pengumuman Pandemi sendiri menjadikan COVID-19 sebagai penyakit yang harus diperhatikan dan dihentikan laju penyebarannya. Lalu bagaimana gejala dan pencegahannya?

Gejala dan Ciri COVID-19

Penderita COVID-19 memiliki gejala mirip dengan gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Pada beberapa pasien walaupun jarang terjadi, kadang ditemukan gejala berupa diare. Selain itu  beberapa penderita COVID-19 bahkan tidak menunjukan gejala sama sekali.

COVID-19 umumnya memiliki gejala yang cukup parah pada mereka yang berusia lanjut ataupun mempunyai penyakit bawaan. Faktor imunitas juga menentukan apakah gejala yang ditimbulkan oleh COVID-19 ini menjadi parah atau tidak.

Bagaimana cara mencegah COVID-19

            COVID-19 dapat dicegah dengan cara:

  1. Menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan secara teratur menggunakan Sabun/pembersih tangan dengan kadar alcohol minimal 70%
  2. HIndari kontak langsung dengan orang yang mempunyai gejala sakit
  3. Sebisa mungkin hindari keramaian dan tempat yang dirasa mempunyai potensi penularan COVID-19
  4. Masak makanan dengan baik dan matang
  5. Hindari kontak langsung dengan hewan tanpa menggunakan pengaman.
  6. Jika anda merasa sakit dan demam, jangan bepergian untuk mengurangi potensi penularan terhadap orang lain.
  7. Hindari penggunaan alat makan yang sama secara bersama-sama.
  8. Hubungi layanan kesehatan di tempat anda bila anda merasa sakit.

Sumber:

https://www.alodokter.com/virus-corona