Cyberbullying

Apa itu Cyberbullying ?

Cyberbullying merupakan tindakan berupa ancaman, pelecehan, intimidasi, mempermalukan, menghina yang dilakukan seseorang terhadap orang lainnya mengguanakan perantara media elektronik. Cyberbullying dapat terjadi melalui SMS, aplikasi, teks, media sosial, forum, atau game. Tempat-tempat tersebut merupakan dimana seseorang dapat melihat, berpartisipasi dan melakukan sharing content. Cyberbullying termasuk mengirimkan, memuat, atau membagikan konten negatif. Beberapa tindakan cyberbullying yang sudah melewati batas dapat ditindak tegas secara hukum.

Beberapa permasalahan unik dalam cyberbullying :

  1. Perangkat elektronik memiliki kemampuan secara langsung berkomunikasi selama 24 jam sehari, hal ini membuat korban cyberbullying sulit mencari ruang untuk menghindar.
  2. Kebanyakan informasi  yang telah beredar di internet menjadi bersifat permanen dan publik, jika tidak dilaporkan dan dihapus. Reputasi online yang negatif dari yang melakukan bully dapat mempengaruhi area hidupnya seperti saat masuk sekolah, pekerjaan atau area hidup lainnya.
  3. Cyberbullying sulit diketahui. Orangtua maupun guru mungkin tidak mengetahui saat cyberbullying sedang terjadi di dunia maya. Selain itu, pelaku cyberbullying bisa saja memanfaatkan akun anonim.

Sanksi dan Hukum

Undang-undang yang mengatur sanksi mengenai Cyberbullying tercantum di UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 

Mari melawan Cyberbullying :

1. Berpikirlah sebelum memposting sesuatu di media sosial sehingga tidak melukai seseorang.

2. Gunakan bahasa yang baik di media sosial.

3. Lawan virus cyberbullying dengan menuliskan kalimat positif melawan kalimat negatif yang ditujukan kepada seseorang.

4. Screen Capture konten cyberbullying. “Report”, dan “block” apabila kamu menemukan cyberbullying di media sosial.

5. Lapor kepada orangtua dan guru bila melihat/mengalami cyberbullying.

6. Tidak ikut menyebarkan konten negatif di media sosial.

7. Bantu temanmu yang mengalami cyberbullying.

8. Jangan pernah membagi passwordmu dan informasi pribadimu ke orang lain.

9. Selalu log out setiap selesai menggunakan media sosial.