KEGIATAN SERU YANG BISA DILAKUKAN BERSAMA ANAK DI RUMAH

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak  pada kegiatan orang dewasa, namun juga berdampak pada kegiatan sehari-hari anak. Mengacu pada beberapa daerah yang mempunyai peraturan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar-mengajar di sekolah, anak-anak diimbau untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian keluar rumah. Tentunya hal ini dapat menjadi permasalahan baru jika orangtua tidak dapat memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya untuk tetap berada di rumah dalam periode pandemi ini.

Orangtua mungkin dapat menahan anak di rumah, namun dapatkah kita memperhatikan apa yang dilakukan anak di rumah dalam jangka waktu yang cukup lama ini? Di era digital ini tentunya akan banyak kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak secara online. Selain belajar online seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, kebanyakan aktiifitas komunikasi dan interaksi anak dengan teman-temannya dilakukan secara online. Media online juga mungkin akan menjadi sumber informasi utama anak dalam periode ini. Hal ini tentunya akan menjadi positif jika anak dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Namun dapat juga berdampak negatif bila anak-anak kita melakukannya secara salah atau berlebihan.

Pada periode ini sangat penting untuk menjaga anak agar tidak teradiksi dengan gadgetnya. Penggunaan gadget yang terlalu lama dalam keseharian anak dampak berdampak anak menjadi teradiksi pada gadgetnya tersebut. Terutama jika dilakukan secara berhari-hari dengan durasi yang lama. Selain itu pemilihan situs atau aplikasi yang diakses oleh anak juga haruslah yang bermanfaat. Kegiatan belajar di rumah sudah sepatutnya menjadikan anak menjadi lebih punya waktu untuk belajar bersama anda, orangtuanya. Selain bisa belajar bersama, anda sebagai orangtua juga dapat membatasi keterpaparan anak terhadap gadgetnya. Berikut ada beberapa situs yang dapat anda gunakan untuk belajar bersama-sama anak anda:

  1. Tangkas berinternet dari Google https://beinternetawesome.withgoogle.com/id_id

Situs ini memberikan tampilan yang sangat menarik bagi anda serta anak anda untuk dapat belajar bersama-sama sambal bermain. Bukan hanya materi untuk menjadikan anak tangkas berinternet, namun dalam situs ini anda juga dapat bermain games bersama anak anda yang tentunya sangat edukatif dan menarik.

  1. Permainan Geografi Dunia https://world-geography-games.com/

Situs ini memberikan banyak permainan untuk anak anda dapat mengenal dunia dengan lebih baik lagi. Seperti nama-nama Ibu kota negara, warana bendera suatu negara, bahkan kebudayaan di negara-negara lain. Pemilihan permainan dapat dipilih berdasarkan benua yang anda inginkan. Tentunya hal ini sangat menarik untuk anak-anak untuk dapat bermain sambil belajar.

  1. Belajar Bahasa Duolingo.com

Dalam situs ini anda dapat belajar bahasa bersama anak anda. Bahasa yang disediakan antara lain bahasa Inggris, Jerman, Itali, Jepang, Korea, dan berbagai bahasa lainnya. Tentunya pelajaran ini dikemas dengan sangat menarik untuk anda dan anak anda belajar bersama.

  1. Belajar Pelajaran Sekolah Sehari-hari https://belajar.kemdikbud.go.id/

Jika anda takut anak anda untuk tertinggal pelajaran di sekolah, jangan khawatir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyediakan situs untuk anak-anak kita dapat belajar sesuai dengan mata pelajaran yang ada di sekolahnya. Sehingga walaupun kegiatan belajar di sekolah dihentikan untuk sementara, anak anda tetap dapat belajar dari rumah.

Tentunya selain kegiatan secara online melalui gadget orangtua harus mampu untuk berinteraksi dan melakukan penyegaran terhadap kegiatan anak dengan melakukan kegiatan bersama yang tidak terkait dengan gadget dan dunia online. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh Orangtua dan anak di rumah secara bersama-sama:

  1. Memasak Bersama
  2. Membersihkan rumah bersama
  3. Melukis
  4. Menjahit/menyulam
  5. Membuat kerajinan tangan
  6. Berbagi pengalaman (saling bercerita)
  7. Membuat kue

Dengan variasi kegiatan online dan offline yang anda lakukan bersama anak anda, diharapkan anak dapat tetap berada di rumah dan terjaga dari hal-hal yang negatif. Baik itu secara online ataupun secara offline. Mari bersama buat anak-anak menjadi bahagia berada di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan untuk anak.