news

‘Kumpul Bocah Bersama Sejiwa’

 

Sabtu 13 Januari 2018, Sejiwa bekerja sama dengan LDD dan Dilts mengadakan acara bersama dengan anak-anak yang bertempat di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Acara yang diberi tema “Kumpul Bocah Bersama Sejiwa” dihadiri oleh 72 anak-anak sebagai pesertanya. Dengan mengusung tema tersebut, acara dikemas selayaknya rekreasi yang bertujuan memberikan kebahagian bagi anak-anak yang mengikutinya.

Acara dimulai dengan permainan untuk mendekatkan anak-anak satu sama lain. Setelah permainan dan perkenalan yang dilakukan, acara dilanjutkan dengan sambutan yang dilakukan oleh Ibu Diena dan Ibu Retno sebagai perwakilan dari Sejiwa. Dalam acara ini banyak disisipkan pesan bagi anak-anak. Dari banyak pesan yang disampaikan, ada pesan khusus yang disisipkan dalam sambutan kepada anak-anak yang mengikuti acara tersebut. Pesan khusus yang disampaikan adalah pesan  agar anak-anak lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat digital mereka.

 

Penyampaian pesan ‘hati-hati dengan dunia digital’ dilakukan oleh Ibu Diena Haryana

Pesan yang disampaiakn kepada anak-anak bertujuan untuk menyadarkan anak-anak bahwa dalam dunia digital yang kini dekat dengan mereka, terdapat banyak orang-orang jahat yang mempunyai tujuan untuk memanfaatkan kepolosan mereka. Tujuan orang-orang tersebut adalah untuk mendekati anak-anak dengan niat dan maksud yang tidak baik. Selain itu, disampaikan juga bahwa perangkat digital dapat menyebabkan adiksi/rasa ketagihan yang dapat mengganggu fungsi kerja otak mereka.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan permainan-permainan yang membuat anak senang. Seperti permainan komunikata dan permainan tebak gerak. Melanjutkan dari permainan yang diberikan, anak-anak kemudian diajak bernyanyi bersama-sama dengan formasi melingkar dan saling berdekatan. Hal ini membuat suasana semakin semarak dan anak-anak menjadi lebih dekat satu sama lain.

Saat jam menunjuk waktu pukul 12.00 WIB, acara dilanjutkan dengan makan bersama-sama dengan duduk bersamaan di bawah rimbunnya pohon di Kebun Binatang ragunan. Dalam suasana ini para peserta saling mengobrol satu sama lainnya sehingga keakbraban antar peserta semakin erat terjalin.

Rangkaian acara terakhir yang dilakukan adalah mengunjungi pusat primata yang ada di Ragunan. Disini peserta dapat melihat hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah mereka lihat. Hewan yang biasanya hanya bisa mereka lihat di televisi, atau bahkan belum pernah mereka lihat, kini ada di hadapan mereka menunjukan berbagai aksi lucu. Anak-anak pun tampak senang dan berbahagia. Terakhir, peserta di ajak mengunjungi museum yang ada di pusat primata dan dilanjutkan dengan foto bersama sebagai penutup rangkaian acara yang ada.

foto di depan pintu masuk Pusat Primata Ragunan

Raut wajah senang anak-anak selama acara berlangsung merupakan sesuatu yang amat berharga. Sudah sepatutnya raut dan ekspresi tersebut kita jaga. Karena anak-anak merupakan masa depan dari Negara kita dan juga Dunia kita.

Salam damai,

Sejiwa