Kunjungan Konsultasi Bullying SD Madania Bogor

Posted on Posted in news

Pada tanggal 29 September 2017 yang lalu, 10 siswa SD Madania Bogor didampingi oleh guru mereka mengunjungi kantor Yayasan Sejiwa untuk berkonsultasi. Para siswa banyak bertanya mengenai profil organisasi dari Yayasan Sejiwa dan mengenai bullying di lingkungan mereka. Hellen Citra M.Psi, psikolog Yayasan Sejiwa, menjawab berbagai pertanyaan menarik dari para siswa.

“Menurut saya, bullying dapat bermanfaat karena bisa membuat seseorang menjadi termotivasi bu.” Kata salah seorang siswa laki-laki. Menanggapi pernyataan tersebut Hellen menjawab “Pada umumnya orang lebih sering menjadi merasa sedih apabila menerima bullying. Apabila orang yang dibullying itu bisa menjadikan bahan bullying menjadi motivasi bagi dirinya, itu tak lepas dari dukungan positif orang di sekitar korban bullying tersebut, misal bisa dari orang tua, teman dekat, atau orang lainnya.”

Hellen juga mengingatkan apabila mendapatkan perilaku bullying, yang pertama kali dilakukan adalah berusaha untuk menyampaikan ketidaksukaan secara assertive. “Jangan marah-marah atau balas dengan kasar, karena itu berarti agresif. Jangan juga diam saja bila kalian merasa terganggu saat dibully, itu berarti pasif. Sampaikan ketidaknyamanan kalian dengan menggunakan bahasa yang baik dengan konsep I message.” Konsep I message adalah cara menyampaikan pendapat dari persepektif diri sendiri menggunakan kata “saya”. “Saya tidak suka bila kamu katakan seperti itu, tolong berhenti”, kata Hellen memberikan contoh.

Hellen pun memberitahu para siswa, apabila mendapatkan perilaku bullying, segera bertindak secara positif untuk menananganinya. Bullying dapat menghambat potensi diri untuk berkembang, oleh karena itu harus ditanggapi dengan tepat.