SIBERKREASI CLASS : SMART PARENTING Sesi 2: “Menjadi Ayah Keren”

SIBERKREASI CLASS : SMART PARENTING

EPISODE 2

““Menjadi Ayah Keren”

Sabtu, 6 Juni 2020

Via Zoom Meeting

#BerkreasiDiRumah #SiberkreasiClass #smartparenting

 

✅ Pemantik : Diena Haryana (Sejiwa) @yayasansejiwa

✅ Nara sumber :

Bukik Setiawan M.Ps (Ketua Kampus Guru Cikal)

Bagus Dibyo Sumantri (Pegiat Sekolah Ramah Anak)

✅ Moderator : Mira Sahid @mirasahid

 

Berkolaborasi dengan SEJIWA dan mitra jejaring, kelas kedua “Siberkreasi Smart Parenting” kali ini bertema: Mari kita dengarkan suara para ayah tentang perannya menjadi kepala keluarga, teladan yang baik untuk anak, serta partner yang solid bagi istri dalam mendidik anak.

Jika dulu peran ayah dalam keluarga dianggap hanya sebatas mencari nafkah, pandangan seperti itu pun lamat laun kian bergeser. Dimana para ayah sudah mulai banyak terlibat dalam pengasuhan. Biar bagaimanapun peran ayah dalam keluarga sangat penting karena akan memengaruhi tumbuh kembang dan membentuk karakter positif anak dikemudian hari.

Apa yang perlu dilakukan agar peran ayah dalam keluarga dan pengasuhan dapat maksimal? Pertama, memberikan kepercayaan kepada Ayah agar tidak merasa minder ketika ia harus mengasuh anak. Maka dari itu, sang Ibu sebaiknya memberikan kepercayaan agar ayah tidak merasa perasaan tersebut. Kedua, Pembagian tugas berdasarkan kesepatakan misalnya hari ini ayah yang mengatur jemput si kecil kesekolah, besok giliran sang ibu dan sebagainya. Atur pembagian tugas tersebut sesuai dengan jadwal masing-masing. Ketiga, Jadikan komunikasi sebagai prioritas dengan selalu bicarakan dengan pasangan mengenai si kecil. Dan Ke empat, Playdate dengan si kecil. Karena membesarkan dan mendidik anak bukan sekedar tentang memikirkan bagaimana si kecil bisa ini dan itu. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan anggota keluarga secara lengkap juga merupakan moment membersarkan anak yang tak kalah penting untuk perkembangannya yang optimal.

Selaras apa yang dikatakan oleh narasumber untuk menjadi ayah keren, “kita sebagai suami kalau bisa membagi waktu dengan istri itu perlu, agar saling tugas dengan istri dan berbagi peran”  kata Mas Bagus. Dan juga ditambah oleh Mas Bukik “menjadi ayah keren itu bisa meluangkan waktu untuk anak, walau hanya sebentar, agar anak merasakan kehadiran sosok Ayah”. Disimpulkan oleh Ibu Diena, “Hal terpenting, biarkan si kecil merasakan bagaimana hangatnya moment yang ia habiskan bersama ayah dan bundanya”

 

Siberkreasi

In Collaboration with

Yayasan Sejiwa

#BerkreasiDiRumah #SiberkreasiClass #smartparenting