Opini: Hal Positif yang Bisa Didapatkan Oleh Anak dan Orangtua Saat Harus Belajar dan Bekerja di Rumah

Beberapa diantara kita khususnya orangtua mungkin belum terbiasa dengan kegiatan bekerja di rumah dalam periode waktu yang panjang dan berulang. Namun untuk saat ini terkait dengan kondisi global dan Indonesia yang sedang dilanda Pandemi Covid-19, kita para orangtua harus melakukan pekerjaan dari rumah untuk membatasi kegiatan kita di luar. Tidak hanya itu, anak-anak kita yang sehari-hari belajar di sekolah juga harus mulai terbiasa untuk belajar secara online dari rumah guna memenuhi kebutuhan belajar mereka.

Situasi ini tentunya untuk sebagian orang bukanlah sesuatu yang ideal untuk bekerja dan belajar dari rumah. Namun dibalik itu semua ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari keadaan ini.  Yaitu:

  1. Quality time antara anak dan orangtua

Kesibukan orangtua dan anak terkadang membuat anak dan orangtua kurang memiliki waktu untuk berkumpul dan mengetahui kabar satu sama lainnya. Di beberapa keluarga bahkan komunikasi antara anak dan orangtua lebih sering terjadi melalui gadget. Hal ini terjadi karena kesibukan anak dan orangtua tidak selaras waktunya. Sulitnya menemukan waktu untuk bersama antara anak dan orangtua sering menjadi permasalahan dalam keluarga untuk memiliki waktu keluarga yang berkualitas. Namun situasi dimana anak dan orangtua bekerja dan belajar di rumah dapat dijadikan momen untuk menciptakan waktu yang berkualitas dalam interaksi keluarga.

Makan dan istirahat siang bersama dapat dimanfaatkan untuk saling berbincang menanyakan kesibukan masing-masing dan membicarakan kegelisahan di masa pandemi ini. Tentunya hal-hal lain juga dapat dibicarakan saat istirahat bersama ini. Saling mengingatkan untuk makan dan minum juga dapat menjadikan hubungan antar keluarga menjadi lebih hangat. Tentunya dengan tidak meninggalkan tanggung jawab masing-masing terhadap pekerjaan dan kewajiban belajar.

Kita semua juga dapat memanfaatkan waktu yang biasanya kita gunakan untuk transportasi dari rumah ke tempat kerja (untuk orangtua), dan dari rumah ke sekolah (untuk anak) untuk melakukan kegiatan bersama, seperti membersihkan rumah bersama, olahraga pagi bersama, atau bahkan membuat sarapan bersama. Tentunya hal ini dapat sangat dimanfaatkan untuk anak dan orangtua agar dapat menjadi semakin dekat.

  1. Memahami kegiatan dari masing-masing anggota keluarga

Orangtua dan anak pada periode ini dapat saling memahami seperti apa kegiatan masing-masing dari setiap anggota keluaraga. Anak dapat mengetahui bagaimana pekerjaan serta tanggung jawab orangtua mereka dalam bekerja, orangtua juga dapat mengetahui bagaimana anak belajar dan bertanggung jawab dalam kegitaan belajarnya. Dengan mengetahui hal-hal ini anak dan orangtua dapat lebih saling menghargai satu sama lain.

Pada akhirnya perasaan dan pengetahuan terhadap satu sama lainnya dapat dimanfatkaan untuk membina hubungan yang lebih baik lagi antara satu sama lain. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat positif dalam sebuah keluarga.

  1. Dapat saling menjaga satu sama lain

Dalam kondisi seperti sekarang ini tentunya saling menjaga antar anggota keluarga menjadi hal yang sangat penting. Dengan berada di waktu dan tempat yang sama, orangtua dan anak dapat saling menjaga satu sama lain. Orangtua dan anak dapat saling mengingatkan untuk makan, menjaga kebersihan, dan juga kegiatan lainnya.

 

Tentunya kita semua menginginkan kondisi pandemic Covid-19 ini dapat segera berakhir. Namun alangkah baiknya bila kita tetap dapat mengambil sisi positif dari setiap peristiwa yang terjadi di hidup kita