PELUNCURAN PROGRAM “TANGKAS BERINTERET”

PELUNCURAN PROGRAM “TANGKAS BERINTERET” KOLABORASI ANTARA GOOGLE DAN SEJIWA
JAKARTA, 10 FEBRUARI 2020

Dalam rangka menyambut hari Keamanan Berinternet (Safer Internet Day) yang jatuh pada tanggal 11 Februari, Google Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA) dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (KEMENDIKBUD) , KemenPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), KEMKOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), Siberkreasi, serta ID-COP (Indonesia Child Online Protection) mengadakan workshop dan peluncuran program #TangkasBerinternet, sebuah program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kemampuan berinternet positif pada anak. Program #TangkasBerinternet memuat beberapa materi ajar untuk guru dan orang tua, situs terkait literasi digital, dan permainan berbasis web yang dapat membantu mengajarkan konsep literasi digital kepada anak-anak dengan bantuan guru dan orang tua. Terdapat 5 pilar penting dalam kurikulum #TangkasBerinternet yaitu Cerdas, Cermat, Tangguh, Bijak, Berani.

Workshop dan peluncuran program #TangkasBerinternet telah dilaksanakan pada Senin, 10 Februari 2020 di Ruang Graha Utama lantai 3, Gedung A – Ki Hadjar Dewantara, KEMENDIKBUD. Acara yang diawali dengan Event Opening oleh Ryan Rahardjo selaku Public Policy dan Goverment Affairs Manager Google Indonesia, lalu Performance Gemala Bernyanyi dari siswa-siswi Sekolah Gemala Ananda, kemudian Welcome Greeting oleh Putri Alam selaku Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia, dilanjutkan Lighting Talk oleh Diena Haryana selaku Pendiri Yayasan Sejiwa, selanjutnya ada perwakilan suara anak oleh Emil Rahadian Fadhilah dari SMP Labs School Cibubur, perwakilan suara guru oleh  Dian Diana dari SMPN 1 Cihampelas Bandung Jawa Barat, dialnjutkan perwakilan dari KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) oleh Bapak Harris Iskandar selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah serta dihadiri oleh Ibu Bintang Puspayoga selaku Menteri Kemen PPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Acara ini berjalan lancar dan mendapat sambutan hangat dari berbagai lapisan masyarakat, kami selaku penyelenggara mengucap beribu-ribu terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam terselenggaranya peluncuran dan workshop #TangkasBerinternet.

Untuk mengakses #TangkasBerinternet, kalian bisa membuka website di g.co/TangkasBerintenet disana terdapat materi tentang keamanan online, menjaga privasi informasi pribadi, kurikulum yang berisikan 5 pilar penting dalam kurikulum #TangkasBerinternet yaitu Cerdas, Cermat, Tangguh, Bijak, Berani (CCTBB) yang juga termasuk games yang disebut “Interland”. Bila kita sebagai orang tua ada sub bagian “Keluarga” yang disebut “Family Link” yang berisikan bagaimana cara orang tua menjaga dan melindungi anak dalam bermain gadget, keamanan privasi anak, pemahaman orangtua dalam pengasuhan anak saat berinternet. Dan bila kita sebagai pengajar atau guru atau pendamping anak ada sub bagian “Pengajar” dimana pada website tersebut pengajar bisa mengajarkan anak dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan tangkas berinternet dan didalamnya berisikan kurikulum pengajaran materi tentang tangkas berinternet, panduan instruktur, power point atau slide jadi tidak perlu lagi untuk membuat power point untuk mengajarkan kepada anak, stiker dan lembar tabel skenario. Jadi dalam website g.co/TangkasBerintenet terdapat 5 materi yaitu,

  1. Promotion (berupa stiker #TangkasBerintenet),
  2. Preparation (PDF Kurikulum, Panduan Instruktur, dan Video),
  3. Presentation (Slides)
  4. Activities (Game Interland dan Papercraft)
  5. Post-Activity (Sertifikat dan Feedback)

Kami berharap setelah adanya program #tangkasberinternet di Indonesia ini anak-anak, keluarga, dan pengajar-pengajar seluruh indonesia dapat bersama-sama mengeksplorasi internet, meningkatkan keamanan dan kemampuan berinternet positif pada anak, dan memaksimalkan keuntungan internet.

Salam Tangkas Berinternet.

Yayasan Sejiwa