Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

 

Selamat hari Ayah! Untuk memperingati hari Ayah, kami mempunyai bahasan menarik mengenai peran Ayah dalam mengasuh anak. Selama ini tentunya masih banyak anggapan bahwa peran utama Ayah ialah hanya mencari nafkah untuk keluarga. Namun pada kenyataannya dalam pengasuhan anak, Ayah mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya dengan peran Ibu dalam keluarga. Mari kita bahas mengenai peran Ayah.

Dalam kehidupan, keluarga memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk individu yang dapat berperan secara baik di lingkungan sosialnya. Pembentukan karakter individu yang paling utama ini diberikan melalui proses parenting atau pengasuhan anak dari orangtuanya. Peran pengasuhan merupakan peran dari kedua orangtua, baik ibu maupun ayah. Selama ini, masih banyak orang yang berpikir bahwa pengasuhan itu hanya dilakukan oleh ibu. Namun sebenarnya, ayah juga memiliki peran yang sama pentingnya dengan peran ibu dalam proses pengasuhan terhadap anak. Lalu.. bagaimana sih sebenarnya peran yang dilakukan oleh ayah dalam proses pengasuhan anak sehingga anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik?

Berdasarkan penelitian dari Hidayati, Kaloeti, dan Karyono (2012), dipaparkan mengenai manfaat dari keterlibatan ayah dalam proses pengasuhan anak. Dari penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa peran ayah dalam proses pengasuhan akan berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan emosi dan psikologis, perkembangan sosial, dan kesehatan fisik. Terkait dengan perkembangan kognitif, anak yang menerima pengasuhan dari figure ayah akan menunjukan peningkatan kemampuan kognitif seperti pemecahan masalah, tingkat intelegensi yang lebih tinggi, lebih komunikatif, dan cenderung memiliki prestasi akademik yang baik. Selain itu, peran ayah juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan emosi dan psikologis, dimana anak akan memiliki kepuasan hidup dan kebahagiaan, mampu menyesuaikan diri, dan meminimalkan masalah perilaku pada anak. Terkait dengan perkembangan sosialnya, anak yang mendapatkan pengasuhan dari ayahnya cenderung memiliki kompentensi, inisatif, dan kematangan sosial yang tinggi. Selain itu, peran ayah juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik anaknya.

Dari pemaparan di atas, terdapat banyak sekali manfaat dari keterlibatan ayah dalam proses pengasuhan. Lalu.. apa saja sih hal yang harus dilakukan oleh seorang ayah agar dapat terlibat dalam proses pengasuhan yang baik? Allen & Daly (2007) merangkum beberapa pendekatan dalam keterlibatan ayah di dalam pengasuhan, diantaranya:

  1. Keterlibatan ayah dapat diukur dari waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga. Hal ini mencakup frekuensi bertemu, jumlah waktu yang dihabiskan bersama, dan kehadiran ayah di dekat anaknya. Selain itu, hal ini juga terkait dengan jumlah waktu yang dihabiskan oleh ayah untuk merawat fisik anaknya seperti mandi, menyiapkan makanan dan pakaian, serta aktifitas lainnya bersama anak seperti bermain.
  2. Menjaga kualitas hubungan ayah-anak juga sangat penting. Hal ini mencakup hubungan ayah dan anak yang hangat, dekat, sensitif, akrab, mengasihi, memberikan kenyamanan dan saling menerima.
  3. Peran Ayah yang lainnya ialah melakukan kontrol secara tepat, bertanggung jawab terhadap disiplin yang diterapkan, dan memonitor aktivitas anak.
  4. Ayah juga dapat menjadi contoh atau “Top of Mind” bagi anak. Dimana anak akan menjadikan Ayah sebagai sosok panutan yang dia percayai, hormati serta sayangi.

Hal-hal di atas tentunya merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus dan dilakukan dengan oleh Ayah dan Ibu. Bagaimanapun juga, proses pengasuhan ini merupakan proses kerjasama yang harus dilakukan baik oleh ibu maupun ayah. Oleh karena itu, hal yang perlu ditekankan pada proses pengasuhan ini adalah komunikasi yang baik antara ibu dengan ayah terkait dengan tujuan dari pengasuhan dan kesepekatan lainnya terkait dengan proses pengasuhan anak yang harus dilaksanakan oleh kedua belah pihak.

Sekali lagi, Selamat Hari Ayah!

 

Daftar Referensi

Abdullah, Sri Muliati. Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak (Parental Involvement): Sebuah Tinjauan Teoritis. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Hidayati, F., Kaloeti, D., dan Karyono. 2012. Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Psikologi No.9(1).