Keseruan Regional Childrens Meeting 3 di Nakorn Pathom, Thailand.

Posted on Posted in Uncategorized

Pada tanggal 10 – 15 Agustus 2017 lalu, yayasan semai jiwa amini (Sejiwa) mendampingi anak-anak dari Dilts Foundation dan Lembaga Daya Dharma yang tergabung dalam Caring Teens Community (CTC), untuk menghadiri kegiatan Regional Childrens Meeting (RCM) di Nakorn Pathom, Thailand. Tahun 2017 ini merupakan tahun ketiga Child Rights Coalition Asia (CRC Asia) menyelenggarakan acara RCM. Kegiatan ini mewadahi anak-anak dari berbagai negara di Asia Tenggara serta Hongkong dan Pakistan untuk berkumpul, bermain, belajar dan berdiskusi bersama seputar isu-isu yang ada di negara masing-masing.

Kegiatan RCM yang bertemakan ‘Love, Peace and Embrace of Diversity’ ini, di hadiri oleh anak-anak dari Indonesia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Thailand, Laos, Myanmar, Pakistan, Hongkong. Selain belajar mengenai keberagaman, mereka juga belajar mengenai bentuk-bentuk komunikasi, serta hak-hak anak, terutama hak-hak anak untuk didengar. Mereka juga belajar untuk membuat kampanye mengenai isu-isu yang ada di negara masing-masing yaitu salah satunya dengan membuat video singkat dan membuat puppet show yang terinspirasi dari organisasi anak di Myanmar.

Di samping itu, ada juga kunjungan budaya ke Thai Village, sebuah tempat di yang di dalamnya terdapat komunitas-komunitas yang menampilkan kegiatan budaya khas Thailand. Berbagai aktivitas budaya, seperti muay thai, bamboo dancing, membuat gajah dari tanah liat, merangkai bunga, melukis payung, dapat dilakukan juga oleh pengunjung yang hadir. Suguhan budaya yang apik juga ditampilkan oleh komunitas-komunitas tersebut diakhir kunjungan.Seluruh kegiatan RCM diakhiri dengan cultural night atau malam budaya oleh seluruh peserta kegiatan, dan bahkan panitia pun ikut tampil! Ada yang bernyanyi, menari dan juga menampilkan aksi bela diri. Caring Teens Community menampilkan kolaborasi tarian tradisional dan hip hop, Yeni (Lembaga Daya Dharma) menampilkan tarian tradisional dan Cindy (Dilts Foundation) menampilkan tarian Hip Hop. Lalu, dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 72, tarian diakhiri dengan ‘tari persaudaraan’ yang diiringi dengan lagu Bendera dari Cokelat serta antusiasme peserta lain yang ikut mengibarkan bendera merah putih. (Safira)