Advokasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh SEJIWA. Diantaranya adalah memfasilitasi anak-anak untuk menyampaikan pendapat serta pemikiran mereka terkait kesejahteraan anak. Beberapa advokasi yang dilakukan oleh SEJIWA terkait dengan hal ini adalah:

  1. Melakukan FGD dengan anak-anak, orangtua, guru, dan para ahli. FGD dilakukan untuk mengumpulkan hal – hal yang dibutuhkan oleh anak agar hak – hak mereka bisa terpenuhi. Advokasi ini juga dilakukan agar anak dapat dengan leluasa menyampaikan pendapatnya dengan dibantu oleh fasilitator yang dapat merangkum dan meramu kebutuhan serta pendapat mereka terkait pemenuhan hak anak. Selain itu pandangan dari orangtua, guru, dan para ahli juga akan didengarkan agar semua elemen yang terkait dengan pemenuhan hak anak dapat berpartisipasi untuk hal tersebut.
  2. Melakukan Sarasehan untuk menyampaikan langsung hasil dari FGD yang telah dilakukan kepada stakeholder yang terkait dengan pemenuhan hak anak. Hal ini dilakukan bersama pemerintah, media, swasta, orangtua, guru, dan komunitas. Dimana stakeholder ini akan mendengar langsung dari anak-anak tentang apa yang anak-anak rasakan dan pikirkan terkait pemenuhan hak-hak mereka.
  3. Membuat executive report. Executive report dibuat dan disampaikan kepada pembuat kebijakan yang mempunyai peran dalam pemenuhan hak anak. Dimana SEJIWA membuat report dari temuan-temuan lapangan selama SEJIWA melakukan kegiatan-kegiatan mereka, untuk disampaikan kepada pembuat kebijakan sebagai bahan pertimbangan untuk pembuatan kebijakan serta peraturan-peraturan terkait pemenuhan hak-hak anak.
  4. Mengirimkan anak-anak dalam Children Summit skala Internasional dan nasional. SEJIWA juga turut aktif untuk mengirimkan anak-anak dalam forum pertemuan anak yang diadakan baik secara nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan agar anak dapat menyampaikan langsung pendapat mereka bersama-sama dengan anak lainnya dari tempat dan  negara yang berbeda-beda. Tentunya hasil dari pertemuan anak ini akan menjadi pertimbangan bagi pemenuhan hak anak secara universal.
  1. Mengirimkan anggota SEJIWA untuk turut serta berbicara dalam forum internasional terkait keadaan anak – anak yang ada di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengadvokasi kebutuhan serta keadaan anak – anak yang ada di Indonesia ke dalam forum internasional agar menjadi pertimbangan bagi kebijakan terkait anak yan bersifat universal.