Orangtua yang terhormat,

Ketika anak-anak masih berusia dini, kita berusaha sebaik mungkin untuk membantu mereka mengoptimalkan manfaat Internet, sekaligus melindungi mereka dari risiko dan dampak negatif dunia online. Seiring perkembangan anak menjadi remaja, peran Kita pun turut berganti, yaitu membantu mereka belajar membuat keputusan yang bijak dan aman secara mandiri saat menjelajahi dunia digital.

Kami mengandalkan kemitraan dengan orang tua dalam mempersiapkan siswa kelas [tingkat kelas] untuk:

  • Berpikir secara kritis dan mengevaluasi situs, email, serta konten lainnya di internet.
  • Melindungi diri dari ancaman di internet, termasuk perundungan (bullying) dan scam.
  • Cerdas dalam berbagi: apa, kapan, bagaimana, dan dengan siapa.
  • Bersikap baik dan menghormati orang lain di internet, termasuk menghormati privasi mereka.
  • Meminta bantuan terkait situasi rumit kepada orang tua atau orang dewasa tepercaya lainnya.

Tahun ini, upaya tersebut akan menyertakan Tangkas Berinternet, program multifaset yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan yang diperlukan anak-anak agar dapat berinternet dengan aman dan cerdas. Salah satu referensinya yaitu, Interland, merupakan game berbasis browser yang membuat proses belajar jadi lebih interaktif dan menyenangkan.

Dikembangkan oleh Google dalam kemitraannya dengan pengajar, peneliti, serta pakar keamanan online di The Net Safety Collaborative dan iKeepSafe.org, Tangkas Berinternet memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sesuai dengan usia siswa, yang dibangun berdasarkan lima pelajaran pokok berikut:

  • Hati-Hati dalam Berbagi
  • Jangan Mudah Tertipu
  • Jaga Rahasiamu
  • Jadi Teladan Kebaikan
  • Tanya Kalau Ragu

Penggunaan teknologi yang cerdas dan aman dapat memungkinkan siswa mengembangkan pembelajaran mereka secara mandiri, serta membantu sekolah untuk menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Kami yakin bahwa program Tangkas Berinternet akan menjadi langkah ke depan yang penting dalam mencapai tujuan kami, yakni memastikan seluruh siswa di sekolah dapat belajar dan menjelajahi internet dengan aman, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Dengan senang hati kami akan membagikan informasi lebih lanjut terkait program ini, termasuk pengantar untuk beberapa referensi yang digunakan siswa di kelas, namun kami juga ingin mengajak Anda untuk membuka referensi bagi keluarga yang tersedia di rumah. Kami menganjurkan Anda untuk menanyakan kepada anak mengenai aktivitas yang mereka lakukan dalam program ini dan melanjutkan pembicaraan seputar Tangkas Berinternet di rumah. Bersama-sama, Anda dan anggota keluarga lainnya pun dapat turut mempelajari trik yang bermanfaat terkait privasi dan keamanan berinternet.

Salam Tangkas Berinternet,