GESIT (Gerak SEJIWA dan TikTok untuk Keamanan Anak di Ruang Digital)

TikTok Gandeng Organisasi Nirlaba Yayasan Sejiwa untuk Suarakan Keamanan Digital Remaja di Platform

 

Jakarta, 3 Desember 2021 – TikTok, platform distribusi video singkat terdepan kembali memperkuat komitmennya dalam menjaga keamanan digital remaja melalui kolaborasi bersama organisasi nirlaba Yayasan Sejiwa (SEJIWA) dan  ECPAT Indonesia. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Giving Season (#GivingSzn), kampanye global TikTok yang bersama para kreator, organisasi nirlaba, dan komunitas untuk menyebarkan pesan positif melalui platform TikTok.

Seiring dengan meningkatkan aktivitas di ranah online, literasi digital untuk remaja dan orang di sekitarnya menjadi semakin penting untuk menjaga agar lingkungan online tetap aman dan nyaman bagi semuanya. Topik-topik terkait keamanan digital untuk para remaja ini akan diangkat oleh  SEJIWA dalam format TikTok LIVE bersama para kreator TikTok, yang menjadi rangkaian dari kampanye #GivingSzn ini.

SEJIWA fokus untuk menginisiasikan program khusus bersama TikTok bernama GESIT (Gerak SEJIWA dan TikTok). Program ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman lapisan masyarakat tentang manfaat dan risiko-risiko perkembangan teknologi digital, kecakapan yang diperlukan di dunia digital, dan cara menciptakan ruang digital yang aman. “Fokus kami adalah optimalisasi potensi anak di ruang digital, termasuk anti perundungan, dan etika bermedia sosial. Kami sangat mengapresiasi langkah TikTok untuk memberikan gaung yang lebih besar lagi terhadap pembekalan edukasi masyarakat mengenai keamanan digital,” kata Diena Haryana, pendiri SEJIWA.

GESIT (Gerak SEJIWA dan TikTok untuk Keamanan Anak di Ruang Digital), telah berhasil dilaksanakan selama bulan November dan Desember 2021. Program acara yang dilakukan antara lain:

  • 5 Webinar untuk Orang Tua, Guru, Mahasiswa dan Orang Dewasa di komunitas.
  • 5 Webinar untuk Siswa usia 14 hingga 18 tahun.
  • 1 Live Streaming dengan Content Creator profesional yang juga seorang Psikiater.
  • Kolaborasi dengan 9 Content Creator TikTok dalam memproduksi 9 video edukasi.

Webinar GESIT menjangkau 1167 peserta dari berbagai kota di Indonesia: Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Bandung (Jawa Barat), Ambon (Maluku), Kendari (Sulawesi Tenggara), Bandar Lampung (Lampung), Riau (Pekanbaru), Semarang (Jawa-Tengah), Serang & Tangerang (Banten), Jakarta (DKI Jakarta), dan Cirebon (Jawa-Barat). Kami menyertakan mitra kami, termasuk anak-anak, dalam menjadi tuan rumah, moderator, dan peserta.

Konten Video TikTok oleh SEJIWA berkolaborasi dengan 9 Content Creator untuk menghasilkan 9 video TikTok dengan topik: Cyberbullying, Screen Time, Screen Break, Free Screen Zone, Jejak Digital, Komunikasi Efektik dengan Anak, Good Habit di ruang Digital, Cara menjadi orang tua yang Top of Mind, dan Aman dan Optimal di ruang DIgital. Video lengkap cek di akun TikTok kami: @SEJIWA.foundation

Selain itu kami berkolaborasi dengan Content Creator profesional yang juga seorang Psikiater untuk melakukan live streaming TikTok dengan tema Mengoptimalkan Potensi Anak di Ruang Digital. https://youtu.be/uniWMRYmU1E

Pengalaman berharga pertama dengan TikTok ini telah mengajari kami banyak hal bagaimana memanfaatkan Platform untuk memberikan edukasi secara luas kepada seluruh masyarakat Indonesia, dan menyadarkan anak-anak untuk keamanan mereka di ruang digital.

Yayasan SEJIWA

“Service for Peace”