BINCANG SEJIWA EPISODE 65
PENGALAMAN PANJANG SEORANG KOMITE SEKOLAH MEMBANGUN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH
MINGGU, 12 SEPTEMBER 2021

 bs 65

Narasumber :

Dipandu oleh Elsya Sakillah (Partnership Officer)

 

Pak Indar, Pengurus Komite SMPN 1 Serang

Pak Indar Riyanto atau akrab disapa Pak Indar berasal dari Solo dan merantau pada tahun 1995. Sebelum merantau, Pak Indar juga merupakan seorang guru di salah satu SMA swasta di Surakarta, yaitu SMA Batik Surakarta. Kecintaan Pak Indar pada dunia pendidikan dan juga komunitas membawa Pak Indar berperan sebagai Komite Sekolah di SMPN 1 Serang selama beberapa kali masa bakti. Awal mula Pak Indar ditunjuk menjadi Komite Sekolah adalah saat salah satu anak Pak Indar duduk di bangku SMP. Sejak saat itu, Pak Indar mulai banyak belajar mengenai bagaimana cara kerja sekolah negeri. Selain itu, Pak Indar juga aktif dalam menanyakan perkembangan anaknya di sekolah, serta tertarik dengan layanan teknologi di sekolah dan kearifan lokal di dalam kurikulum tambahan.

Karena keaktifannya, Pak Indar diminta untuk menjadi pengurus Komite Sekolah, dengan posisi sebagai perwakilan orang tua siswa. Sejak bergabung menjadi perwakilan Komite Sekolah, Pak Indar banyak belajar dan mendalami mengenai mengenai permasalahan pendidikan. Komite Sekolah memiliki masa bakti selama tiga tahun, namun bias diperpanjang satu kali. Setelah masa bakti tiga tahun selesai dijalani, peran Pak Indar sebagai Komite Sekolah diperpanjang kembali, namun buka sebagai perwakilan orang tua, tetapi sebagai perwakilan akademisi karena Pak Indar sendiri merupakan seorang dosen. Setelah masa bakti sebagai perwakilan akdemisi selesai dijalani, peran Pak Indar sebagai Komite Sekolah diperpanjang kembali, sebagai tokoh masyarakat.

Peran Komite Sekolah

Keberadaan komite sekolah harus bertumpu pada landasan partispasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di satuan pendidikan/sekolah. Oleh karena itu, pembentukan komite sekolah harus memperhatikan pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada. Peran komite sekolah adalah :

Komite Sekolah di SMPN 1 Serang

Sebagai Humas di SMPN 1 Serang, Pak Adek merasa bahwa peran Komite Sekolah di satuan pendidikan sangatlah besar. Keberhasilan suatu satuan Pendidikan tidak bisa terlepas dari peran seluruh warga sekolah, salah satunya adalah Komite Sekolah. Hal ini pula yang dirasakan oleh Pak Adek di SMPN 1 Serang yang memiliki banyak prestasi akademik maupun non akademik, tidak terlepas dari peran Komite Sekolah SMPN 1 Serang. Ketua Komite Sekolah di SMPN 1 Serang merupakan salah satu tokoh di Banten, sehingga beliau sangat bertanggung jawab dan selalu memberikan yang terbaik untuk SMPN 1 Serang. Selain itu, Pak Indar sebagai salah satu perwakilan Komite Sekolah juga menjalanka tugasnya dengan sungguh-sungguh. Ketika ada suatu permasalahan yang perlu diselesaikan oleh sekolah, mereka akan cepat merespon dan Bersama-sama mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Pak indar sangat menyukai aktifitas yg dilakukan sebagai komite sekolah. Jalinan dengan Komite Sekolah juga sangat baik komunikasinya. Begitu ada pergantian Kepala Sekolah, Pak Indar mencoba saecara personal berkenalan dan berdiskusi mengenai persoalan sekolah kepada Kepala Sekolah. Selain itu, Pak Indar juga sering terlibat di dalam kegiatan-kegiatan di SMPN 1 Serang. Selain itu, Pak Indar juga merasa sangat senang menjadi Komite Sekolah di SMPN 1 Serang karena bisa menjalin relasi dengan lebih banyak orang dari beragam latar belakang.

Pak Indar merupakan sosok yang berintegritas dan berdedikasi tinggi sehingga selalu dipilih kembali untuk menjadi komite sekolah. Kesupelan yang membangun Pak Indar untuk mencari sumberdaya untuk mencapai tujuan kebaikan. Pak Indar juga jeli untuk melihat di sektiar sumberdaya yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan Bersama, dan kemapuan untuk memobilisasi masa untuk menuju tujuan tersebut. Pak Indar juga merupakan pemimpin yang sensitif akan permasalahan yang ada dan mau mencari solusi atas masalah tersebut.

 

Sumber Bacaan

Sihaan, amiruddin, khairuddin W, irwan nasution, manajemen pendidikan berbasis sekolah, (ciputat :quantum teaching) hal 146

Prof.dr nanang Fattah, M.Pd, manajemen berbasis sekolah (buku materi pokok PGSD), universitas terbuka 2005

 

Untuk menyaksikan kisah selengkapnya dari Pak Indar sebagai Komite Sekolah, Sahabat SEJIWA dapat menyaksikannya pada link di bawah ini:

(12) Pengalaman Panjang Seorang Komite Sekolah Membangun Mutu Pendidikan Sekolah – BS Eps.65 – YouTube

 

Yayasan SEJIWA

Service for Peace