PROGRAM JAGOAN (Jauhkan Adiksi Gawai Optimalkan Potensi Anak)

Sudahkah para pemuda kita mengisi Sumpah Pemuda ini dengan perbuatan-perbuatan nyata yang bisa lebih menguatkan negara kita? Ada beberapa kondisi yang menimbulkan kekhawatiran karena teknologi digital yang sangat ‘memukau’ khususnya bagi anak-anak, sehingga kehidupan mereka didominasi kegiatan-kegiatan di ranah daring. Hal ini akhirnya dapat mengikis minat dan kebiasaan-kebiasaan baik mereka yang sudah tertanam oleh Pendidikan orangtua, sehingga secara perlahan mereka menjadi semakin lekat dengan gawainya.

Diinisiasi oleh SEJIWA dan para mitra, kami meluncurkan Program “Jauhkan Adiksi Gawai, Optimalkan Potensi Anak” (JAGOAN) yang sudah berjalan hingga event 5. Anak-anak diajak untuk menyuarakan ide-ide mereka, agar teman-teman mereka terinspirasi untuk mengatur hidup sehat tanpa lekat kepada gawai. Kegiatan ini merupakan upaya mengajak para orangtua dan guru agar mampu mendampingi dan mengarahkan anak-anak supaya bisa menjalankan kehidupan yang seimbang, yang akan bisa membuat mereka bertumbuh kembang dengan optimal.

SEJIWA sadar bahwa perkembangan teknologi digital yang sangat masif dan cepat
memberikan banyak kontribusi pada pencapaian program. Teknologi digital juga membantu
banyak pihak, mulai dari pemerintah, sampai dengan anak-anak untuk berkegiatan sehari-
hari. Di lain sisi, SEJIWA juga concern akan dampak lain hadirnya teknologi dalam
genggaman semua orang, termasuk anak. Jika anak-anak dan semua pihak di sekitar anak
tidak bijak dan cakap menggunakan teknologi digital, maka anak sangat rentan mendapat
dampak tidak baik.

Sebagai bentuk keprihatinan atas banyaknya anak yang terindikasi mengalami adiksi gawai saat ini, maka SEJIWA berinisiasi untuk melakukan sebuah gerakan moral yang dinamakan program JAGOAN (Jauhkan Adiksi Gawai, Optimalkan potensi Anak). Selain merupakan bentuk kampanye dan advokasi, gerakan ini salah satunya juga bertujuan untuk mengajak berbagai pihak bekerjasama dalam melakukan pencegahan adiksi gawai lewat keterlibatan anak-anak untuk beraktivitas bersama secara kreatif, menyenangkan dan sesuai dengan minat bakat mereka. Program JAGOAN ini sudah dilaksanakan di bulan Oktober 2021 dan 2022, sekaligus sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Yuk tonton lagi video nya di sini EVENT JAGOAN